Peran Babinsa Ransiki Dalam Menyelesaikan Masalah Warga Binaannya

Sebagai ujung tombak satuan teritorial, peran Babinsa harus memiliki kemampuan penguasaan wilayah binaan melalui komunikasi sosial (Komsos) yang harus dikembangkan sehingga Babinsa dapat diterima secara baik oleh masyarakat. Segala permasalahan di wilayah binaan akan dapat diketahui dan diselesaikan dengan cepat. Hal inilah dilakukan Babinsa Kampung Dataran isim Koramil 1801-05/Ransiki Serka Lampase menghadiri pertemuan dengan masyarakat untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di Kampung Dataran Isim Distrik Dataran Isim Kab. Manokwari Selatan Prov. Papua Barat, Rabu (13/02/2019).

Menyikapi banyaknya permasalahan yang timbul di tengah-tengah masyarakat Distrik Dataran Isim Kab. Manokwari Selatan, terutama masalah konflik  sosial antara masyarakat pendatang dengan masyarakat asli papua, Babinsa dataran isim serka lampase menginisiasi pertemuan antara masyarakat pendatang dan masyarakat asli papua yang ada di dataran isim, dengan menghadirkan para tomas, todat dan toga.

Salah satu yang diharapkan dari peran seorang Babinsa adalah mampu menyelami, mempengaruhi dan mengajak Masyarakat untuk dapat mengikuti aturan atau norma hukum yg berlaku dlm kehidupan sosial dan bermasyarakat. Disamping itu, sebagai Prajurit Sapta Marga, Babinsa harus dapat menjadi contoh dan tauladan dalam bersikap dan bertindak serta mampu menjadi pelopor dalam mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat umum.

Pada kesempatan ini Bapak Ketua DAS untuk Daerah Dataran Isim menghimbau kepada seluruh warga agar saling menghargai dan menghormati sesama manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan dan meminta kepada aparat keamanan serta masyarakat agar secara bersama sama menjaga keamanan dan kenyamanan di daerah distrik dataran isim.

“ Kami sebagai Babinsa harus selalu dekat dengan masyarakat karena dengan demikian segala permasalahan di wilayah binaan dengan segera akan termonitor dan segera bisa diatasi maupun diselesaikan dengan cepat. ” Ujar Serka Lampase

Mungkin Anda Menyukai