Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2019

Manokwari – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Prov. Papua Barat, Selasa (07/5/2019) pukul 10.00 WIT, melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu Presiden dan Wapres, DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi serta Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Peserta Pemilu Tahun 2019 bertempat di Hotel Aston Niu, Sowi 1,  Kab.Manokwari, Papua Barat.

Acara tersebut dihadiri Pangdam XVIII/Ksr Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, Gubernur PB Drs Dominggus Mandacan, Ketua KPU Prov. Papua Barat, Amos Atkana SPT, Bawaslu PB, para wakil dari saksi Capres dan Cawapres, serta para saksi Caleg dan dari beberapa partai politik.

Mengawali acara itu dengan doa bersama oleh para rohaniawan Lintas Agama yaitu agama Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu dan Budha,  dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pernyataan pembukaan rapat oleh Ketua KPU Prov. Papua Barat.

Proses penghitungan suara manual hasil Pemilu 2019 dilakukan secara berjenjang, mulai dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada 17 dan 18 April, dilanjutkan rekapitulasi di tingkat Kecamatan pada 18 April s.d. 5 Mei 2019, lalu ke tingkat Kabupaten/Kota pada 20 April s.d. 8 Mei 2019. Setelah itu, rekapitulasi di KPU Provinsi pada 22 April s.d. 13 Mei 2019. Hasil akhir Pilpres 2019 tingkat Nasional akan diperoleh dari rekapitulasi dan penetapan oleh KPU RI pada 22 Mei 2019.

Ditemui setelah pembukaan rapat, Pangdam XVIII/Kasuari menyampaikan kepada seluruh anggota rasa terimakasihnya kepada baik TNI maupun Polri yang sudah bertugas turut mengamankan Pemilu 2019 ini. “Terbukti sampai dengan saat ini, daerah Papua Barat masih dalam kondisi aman dan terkendali, tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan” ungkapnya kepada awak media.

Mungkin Anda Menyukai