Senyum Sumringah Masyarakat Limalas Saat Panen Perdana

Sorong (Misol) – Masa panen tiba adalah saat yang paling ditunggu para kelompok tani untuk menikmati hasil jerih payah mengolah lahan mereka selama ini. Kegembiraan dan senyum sumringah pun terpancar saat acara panen perdana 10 hektare Padi Hybrida Program cetak sawah kerjasama kementerian Pertanian dengan unsur TNI AD dan kelompok tani Limalas Misol, Kabupaten Raja Ampat, Rabu (13/12/17).

Kegiatan ini adalah wujud nyata upaya TNI AD, khususnya Kodim 1704/Sorong bersama warga masyarakat dan kelompok tani dalam mensukseskan program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional, kegiatan panen perdana ini juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Raja Ampat H. Abdul Faris Umlati, SE., Komandan Kodim 1704/Sorong Letkol Inf Andar Dodianto Panggabean S.IP., para tokoh masyarakat serta lapisan masayarakat Limalas Misol Kabupaten Raja Ampat.

Dalam kegiatan panen perdana tersebut, Komandan Kodim 1704/Sorong Letkol Inf Andar Dodianto Panggabean S.IP., mengatakan, Panen perdana ini adalah hasil dari lahan baru cetak sawah yang berada didaerah Limalas Distrik Misol Kabupaten Raja Ampat, luas padi yang dicetak kali ini mencapai 150 hektare, ini merupakan sawah pertama didaerah ini, dahulu masyarakat hanya berkebun Ubi, Batatas, dan pisang saja, berkat pendampingan yang berkesinambungan dan tak mengenal lelah yang dilakukan oleh para Babinsa Kodim 1704/Sorong kini masyarakat Limalas Misol bisa menambah persediaan pangan untuk daerahnya sendiri dan daerah sekitarnya, jelas Dandim.

“Selain itu juga, tujuan catak sawah adalah guna meningkatkan kesejahteraan petani setempat dan meningkatkan Kemanunggalan TNI – Rakyat serta menjamin ketersediaan logistik wilayah untuk kepentingan pertahanan negara, sebagaimana dipahami bersama, bahwa pemerintah pusat melalui kebijakan Presiden Republik Indonesia bapak Ir. Joko Widodo sedang berupaya untuk mewujudkan program swasembada pangan nasional, dengan menciptakan daerah-daerah sebagai lumbung pangan nasional,” tegas Dandim Sorong katakan.

Guna mendukung program pemerintah tersebut jajaran TNI AD, khususnya Kodim 1704/Sorong membantu mensukseskan program tersebut yaitu dengan cara melakukan pendampingan dan pengkaderan serta optimalisasi peran Babinsa dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud kepedulian bersama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua Barat khususnya wilayah Kabupaten Raja Ampat dan memperkokoh pilar kekuatan bangsa demi tetap tegaknya kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan ini, sehingga pelaksanaan panen perdana ini bisa berjalan dengan lancar dan aman,” tutur Letkol Inf Andar Dodianto Panggabean S.IP.

Posting Terkait


scholl php shell online