Siswa SD Jiwa Nasionalismenya Tumbuh Dengan Babinsa Selalu Ajarkan Wawasan Nusantara

Sorong, -Babinsa jajaran Kodim 1704/Sorong tak kenal lelah melakukan pendampingan di wilayah binaannya dengan menjadi tenaga pendidik untuk memberikan berbagai materi pelajaran seperti wawasan Nusantara maupun materi Peraturan Baris Berbaris (PBB). Seperti yang dilakukan Babinsa Kampung Maralol, Koramil 1704-04/Seget Sertu Jefri Tueyeh di SD Negeri Maralol Distrik Salawati Kabupaten Sorong. Rabu (12/12/2018).

Pemahaman wawasan nusantara yang diberikan kepada para siswa menjadi dasar dalam mengembangkan sikap cinta terhadap bangsanya sendiri. Dari sikap cinta terhadap bangsanya inilah yang nantinya diharapkan akan terbangun sikap bela negara dari setiap individu. Dengan banyaknya siswa yang memiliki pemahaman wawasan nusantara maka akan tercipta generasi-generasi penerus bangsa yang mencintai dan siap untuk membela negaranya.

Pada kesempatan tersebut, Sertu Jefri Tueyeh Babinsa Koramil 1704-04/Seget mengatakan bahwa, kegiatan belajar mengajar Wawasan Nusantara ini dilakukan dengan cara ringan dimulai dari memberikan teka-teki tentang urutan Pancasila, Lambang Negara, Bendera, siapa Presiden RI dan Wakil Presiden RI serta bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu wajib lainnya.

Lebih lanjut dikatakan Babinsa, murid-murid cukup antusias dengan pembelajaran ini, namun diantara mereka ada juga yang sedikit bingung atau lupa ketika kami tanya. “Wawasan Nusantara adalah materi pelajaran yang wajib diajarkan dan diulang secara berkala, karena ini adalah salah satu cara menumbuhkan nasionalisme sejak dini,” terangnya.

 

Mungkin Anda Menyukai