SMA Villanova Manokwari Ikuti Penataran Bela Negara Oleh Kodam XVIII/Kasuari

Manokwari – Penataran kader Bela Negara adalah merupakan proses pembinaan yang dilakukan dengan mendidik serta memberikan pemahaman tentang kedisiplinan wawasan kebangsaan, proxy war, 4 konsensus kebangsaan , kepemimpinan, bahaya narkoba, HIV/Aids, penanggulangan bencana, faham radikalisme dan bahaya laten komunis, Selasa (05/06/2018).

Program Belneg ini dilaksanakan berdasarkan UU RI No 34 Thn 2004 tentang TNI khususnya pasal 7 ayat 1 menyatakan tugas pokok TNI dan ayat 2 menyatakn bahwa tugas pokok TNI dilaksanakan melalui Operasi Militer untuk Perang, dan Operasi Militer Selain Perang serta pada butir 8 menyatakan pemberdayaan wilayah pertahanan dan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta dan Perkasad No 70 thn 2017 tentang petunjuk pelaksanaan program dan anggaran TNI AD Ta 2018 Sublampiran F Bidang Teritorial akan melaksanakan beberapa program yang menyasar generasi muda antara lain melalui Gerakan Pramuka, Penataran Kader Belneg, Komsos dengan tokoh pemuda dan kegiatan Binter lain sebagai wujud komitmen TNI AD dalam tetap menjaga keutuhan NKRI.

Adapun sasaran dari kegiatan Penataran Kader Belneg ini adalah generasi muda yang duduk dibangku SMK/SLTA dengan harapan yang dapat diambil adalah pada usia dan masa peralihan dari remaja menjadi dewasa karena akan menjadi mahasiswa sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat membekas dipikiran mereka untuk menjadikan dasar mereka berpikir sebagai generasi muda yang memiliki jiwa kebangsaan dengan mementingkan bangsa diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Dalam mewujudkan harapan tersebut diperlukan bantuan dari beberapa elemen. Dalam hal ini guru adalah elemen yang sangat berpengaruh dalam melanjutkan proses pembinaan ini, sehingga di harapkan kepada Bpk/Ibu Guru SMA Villanova Manokwari yang hadir dapat melanjutkan pembinaan dengan selalu mendidik dan meningkatkan kedisiplinan siswa/siswi SMA baik dalam menuntut ilmu maupun disiplin.

Kegiatan bela negara yang telah dilaksanakan selama dua hari iniĀ  terhitung mulai tanggal 05 Juni 2018 hingga tanggal 06 Juni 2018, dengan jumlah pelajar 175 peserta dan jumlah pembina 15 orang yang di pimpin oleh Kapten Kav Taufik.

Akan diisi oleh berbagai kegiatan yang dirancang sedemikian rupa sebagai implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam sikap, keterampilan dan kedisiplinan, serta kepemimpinan generasi muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa yang tentunya diharapkan dapat melanjutkan pembangunan pada masa yang akan datang.

Dari berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya peserta akan mendapatkan materi-materi antara lain Teori mengenai Proxy War, Kepemimpinan, Bahaya Narkoba, Bahaya Sex Bebas, Pilar Kebangsaan, Wawasan Kebangsaan, Teori PBB, Teori Penanggulangan Bencana, Pancasila, Bahaya HIV/AIDS.

Selain itu Materi Praktek juga diberikan kepada peserta penataran diantaranya materiPBB, PPM, Tata Upacara, Pengenalan sEnjata SS2V4, Acu Bidik, Navigasi Darat, Out Bond, Permainan.

Selain itu, dari pembina STER Kodam XVIII/Kasuari juga mengajak para pelajar semua untuk dapat beradaptasi dengan tuntutan jaman serta bisa menjadi bagian dari kekuatan perubahan dan sekaligus untuk tetap sebagai komponen yang dinamis dalam mengisi peran dan fungsi yang komplementer bagi Bela Negara.

Mungkin Anda Menyukai