Sosialisasi Bela Negara Oleh Pasiter Kodim 1804/Kaimana Kepada Para Siswa-Siswi Dan Pemuda Di Wilayah Kab Kaimana

Kaimana – Bela Negara adalah salah satu konsep yang dapat dijabarkan ke dalam perwujudan semangat patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari negara dalam rangka mempertahankan eksistensi negara tersebut. Secara fisik, hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara tersebut. Sedangkan secara non-fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk ikut serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan segenap rakyat/warga negara dari bangsa tersebut, Jumat (24/05/2019).

Kesadaran bela negara itu pada hakikatnya adalah kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Unsur Dasar Bela Negara antara lain, Cinta Tanah Air, Kesadaran Berbangsa & bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara. Contoh-contoh Bela Negara adalah melestarikan budaya, belajar dengan rajin bagi para pelajar, taat akan hukum dan aturan-aturan negara dan mencintai produk-produk dalam negeri.

Hal ini yang dilakukan oleh Pasiter Kodim 1804/Kaimana Kapten Inf Setiyono dalam mengisi materi pada Sosialisasi Kesadaran Bela Negara (Cinta Tanah Air) Pada Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Kabupaten Kaimana.

Dalam sosialisainya Pasiter Kodim 1804/Kaimana menyampaiakan Kita harus bangga dengan bangsa kita, Wawasan Kebangsaan bahwa para pahlawan kita yang telah menyatukan pulau pulau menjadi negara kesatuan republik Indonesia.

Indonesia sangat strategis oleh sebab itu kita harus menjaga jangan sampai negara negara menginginkan negara kita karena sumber daya alam yang melimpah. TNI dan masyarakat adalah suatu kekuatan yang tidak dapat digoyahkan

Pasiter juga berpesan “Bagi pelajar wajib patuh kepada aturan sekolah, mendukung kegiatan sekolah dan dalam mengisi pembangunan ini kita harus optimis jangan pesimis Kegiatan ditutup dengan tanya jawab.

 

Mungkin Anda Menyukai