Sosialisasi Reformasi Birokrasi Dan Pembangunan Zona Integritas

Pada hari Selasa tanggal, 13 Agustus 2019 pukul 09.00 Wit, telah dilaksanakan Sosialisasi Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Itjen Mabes TNI kepada Satker-satker TNI wilayah Sorong dengan nara sumber Kabid Anev Set Itjen TNI Kolonel Inf Drs. Basuki Hari Subagyo dan Dirudkum Itjen TNI Kolonel Cpm Arief W.D, dihadiri oleh Irit Koarmada III Kolonel Laut (T) Sandhy Aipassa, SE, M.M, Asrenal Koarmada III Kolonel Laut (P) Ferry Supriyadi, S.T, M.M, para Asisten Pangkoarmada III, Kasiren Korem 181/PVT Kolonel Inf Eka Wahyudin, bertempat di ruang rapat Koarmada III Jln. A. Yani Klademak Kota Sorong-Papua Barat.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Kabid Anev Set Itjen TNI Kolonel Inf Drs. Basuki Hari Subagyo mengatakan bahwa tujuan Reformasi Birokrasi adalah menciptakan Birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara. Program Reformasi Birokrasi TNI merupakan bagian integral dari program Reformasi Birokrasi Nasional yang dicanangkan oleh pemerintah RI sejak tahun 2007, dimana secara historis TNI telah merumuskan dan melaksanakan paradigma baru TNI sejak tahun 1998 yang lebih dikenal dengan Reformasi Internal TNI.

Reformasi Internal TNI meliputi aspek Doktrin, Struktur dan Kultur yang merupakan bagian dari Reformasi Birokrasi TNI, dimana Aspek Doktrin meliputi penyempurnaan Penak berupa peraturan Perundang-undangan, Doktrin, Bujuk dan Protap yang digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas TNI, Aspek Struktural meliputi penataan orgas antara lain Validasi orgas di Satuan jajaran TNI agar terciptanya tata laksana yang efektif dan efisien, sedangkan Aspek Kultural berupaya dan berkonsentrasi kepada Tugas pokok TNI, perubahan Mind-set prajurit dan kepatuhan terhadap hukum dan HAM serta disiplin prajurit sesuai dengan UU RI Nomor : 34 tahun 2004 tentang TNI. (Penrem 181/PVT).

Mungkin Anda Menyukai