Sosialisasi Rotan, Roter dan Roma Kepada Warga Binaan

Kaliam – Dalam rangka TMMD Ke-99 TA.2017 Di Kampung Kaliam Distrik Salawati Barat dan Kampung Pam Distrik Waigeo Barat Kepulauan Kabupaten Raja Ampat. Kodim 1704/Sorong menggelar cara pembuatan pupuk. Jumat (28/07/2017)

Masyarakat sangat antusias ketika Pasiter Kodim 1704/Sorong Kapten Inf Koly Anwar mempraktekan cara pembuatan pupuk. Pasiter menjelaskan dalam sosisalisasi ini ada 3 (Tiga) materi seperti, Rotan (Ramuan Organk Tanaman), Roter (Ramuan Organik Ternak/Unggas) dan cara membuat ramuan organik hama.

Kapten Inf Koly  dibantu oleh anggota Satgas TMMD Ke-99 untuk mempraktekan cara pembuatan pupuk organik. Demontrasi cara pembuatan pupuk organik. Ini Supaya masayrakat setempat dapat lebih mengerti dan memahami sehingga masyarakat  dapat memaksimalkan dalam pelaksanaan di lapangan.

Lanjut Pasiter menjelaskan, membuat Rotan (Ramuan Organk Tanaman) bahan berupa buah-buahan seperti pepaya, semangka, nenas, jagung, gula merah, usus ikan, air beras adalah bahan utama dari rotan. Dan untuk roma (Ramuan Organik Hama) dengan bahan, pinang, serai, daun sirh, daun sirsak, dun tembakau, bawang putih, cabai kecil, air bersih secukupnya serta Roter (Ramuan Organik Ternak/Unggas) dengan bahan, rumput laut, pisang, nenas, susu murni, yakul, usus ikan, gula merah, ragi, ragi roti dan air kelapa.

Dengan cara dipotong-potong dan diblender lalu dimasukan kedalam jerigen untuk ditunggu proses fermentasiny selama 14 hari, tanda-tanda berhasil pembuatan pupuk organik, ketika berbau seperti tape dinyatakan berhasil, kerika bau busuk berarti gagal, Kata Pasiter.

Dansatgas TMMD Ke-99 Letkol Inf Daniel E.S Lalawi berharap melalui sosisalisasi pembuatan pupuk ini, masyarakat setempat bisa menyerap apa yang disampaikan oleh Pasiter Kodim 1704/Sorong, jika ilmu itu bisa diterapkan dengan baik oleh masyarakat, bukan tidak mungkin mereka bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Posting Terkait


scholl php shell online