Sosialisasi Tentang Kanker Serviks

Sorong – Kesehatan adalah harta yang paling berharga bagi manusia. Maka dari itu semua orang berusaha untuk menjaga kondisi pada tubuh mereka, mulai dari makanan, pola tidur, istirahat, olah raga dan sering mengikuti sosialisasi tentang kesehatan. Berkaitan dengan kegiatan ini, Babinsa Koramil 1704-01/Sorong Timur Serda Sukino melaksanakan pendampingan Sosialisasi Kesehatan KPKS (Komunitas Peduli Kanker Serviks) dari pusat pimpinan Bapak Untoro S.Kep, MM yang dihadiri kurang lebih 50 orang Ibu ibu bertempat di Kelurahan Malawili, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Senin (02/04/18).

Melalui Sosialisasi Kesehatan KPKS (Komunitas Peduli Kanker Serviks) Bapak Untoro S.Kep, MM menjelaskan Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan jenis penyakit dimana tumbuhnya sel kanker pada leher rahim atau saluran yang menghubungkan vagina dengan rahim. Kanker serviks juga merupakan penyakit yang bisa disebabkan oleh virus yang berada di leher rahim atau berada pada liang vagina. Kanker serviks merupakan pembunuh wanita nomor satu di Indonesia.

Pada umumnya penyakit kanker serviks biasanya di alami oleh wanita diatas usia 50 tahun, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat menyerang wanita di usia produktif. Virus yang menyebabkan kanker serviks adalah human papillomavirus atau HPV. Virus HPV merupakan jenis virus yang sangat mudah menular dan berpindah, serta bisa menyebar tidak hanya melalui medium berupa cairan namun juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit, Lanjutnya.

Bapak Untoro S.Kep, MM mengajak para Ibu-ibu untuk bersama-sama selalu menjaga kesehatan dengan cara mencegahnya yaitu pencegahan kanker serviks yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi cukup, hindari membersihkan daerah kemaluan dengan air kotor, selalu menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar. Selain itu juga disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok dan menjauhi asap rokok, tidak bergonta ganti pasangan berhubungan intim, dan hindari berhubungan intim di usia belia. Pencegahan kanker serviks secara medis bisa dilakukan dengan pemeriksaan pap smear minimal dua tahun sekali untuk berjaga-jaga.

Mungkin Anda Menyukai