Tes Psikologi Calon Tamtama Pedalaman Gel. I TA. 2019

Tes Psikologi merupakan bagian penting dari seleksi Calon Prajurit TNI, ada tiga pokok yang ada dalam seleksi itu yakni Kesamaptaan Jasmani, Akademik dan Psikologi. Dengan kata lain tes psikologi sangat berpengaruh dalam seleksi menjadi TNI baik (AD, AL dan AU). Tes psikologi atau yang sering juga disebut sebagai psikotes adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes dapat berbentuk tertulis, visual atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional, Senin (18/03/2019).

Pada tes psikologi kali ini diikuti sebanyak 60 orang Calon Tamtama dan penguji dari Tim Dinas Psikologi TNI AD, diantaranya Kolonel Caj Suyanto, LettuĀ  Chb Junaidi, Serma Budi Utomo dan Praka Ari Setiawan bertempat di Balai Latihan Kehutanan Manokwari.

Tujuan tes psikologi adalah untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan semua yang mendukungnya, termasuk prestasi, kemampuan, kepribadian, intelegensi dan fungsi Neurologis. Dengan kata lain psikotes merupakan serangkaian kegiatan untuk mengetahui gambaran seseorang mulai dari gambaran kognitif , kondisi emosi, kecenderungan sikap dan faktor-faktor yang mempengaruhi kencenderungan tersebut.

Mungkin Anda Menyukai