Tes Samapta Kodim 1713/Kaimana Syarat Utama UKP TNI-AD

Kaimana – Kodim 1713/ Kaimana melaksanakan tes kesegaran jasmani yang dikuti sebanyak 24 orang diantaranya Para Perwira Pertama, Bintara dan  Tamtama dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat 1 Oktober 2017, bertempat di lapangan Stadion Triton, Kab. Kaimana, Rabu (09 Sd 10/05/17).

Dalam pelaksanaan Kesegaran Jasmani diawasi langsung oleh Pabandya Binpers  Spersdam Kodam XVIII/Kasuari Mayor Caj Suparno, S.Sos., yang juga memberikan penekanan kepada peserta Kesegaran Jasmani bahwa sebelum pelaksanaan Kesegaran Jasmani seluruh peserta harus melaksanakan tensi untuk memgetahui kesehatannya.

Pelaksanaan Tensi ini ditekankan agar masing-masing personel dapat mengetahui dan menyesuaikan dengan kondisi Fisik dan kesehatan personil yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, sebab kondisi fisik sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Maka sebelum melaksanakan tes perlu dan diharuskan untuk mengecek kesehatan oleh para petugas kesehatan yang ada di lapangan agar dalam pelaksanaan tidak terjadi kecelakaan seperti keram dan yang lainnya.

Terdapat beberapa tahapan yang dilaksanakan dalam tes kesegaran jasmani tersebut adalah Samapta A yaitu lari dengan jarak 3.200 meter dinilai berdasarkan waktu sesuai dengan kategori umur yang telah ditetapkan serta Samapta B yang merupakan Pull Up selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit selama 1 menit dan Shuttle run lari angka delapan sebanyak 3 putaran secepat-cepatnya dinilai berdasarkan banyaknya jumlah pelaksanaan sesuai dengan kategori umur yang telah ditetapkan

Adapun tata cara penilaian agar para prajurit dapat mengetahui berapa nilai yang telah diperoleh dengan kekuatan jasmani yang dimiliki. Untuk menentukan jumlah nilai Samapta B adalah jumlah seluruh nilainilai dari samapta B lalu di bagi 4. Hasil kesegaran A dan hasil kesegaran B di jumlah lalu di bagi 2. Dan nantinya akan ditambahkan dengan nilai renang militer yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2017 di Dermaga kan Kaimana.

Posting Terkait