Tunaikan Tugas Rohani, Kodim 1801/Manokwari Melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban

Guna memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1440 H yang di rayakan oleh seluruh umat Muslim di seluruh Penjuru negeri dengan di tandai dengan pelaksanaan Sholat Ied di Masjid dengan bacaan Takbir yang berkumandang Seantero Jagad. Seperti halnya Kodim 1801/Manokwari melaksanakan pemotongan hewan qurban di Masjid AL-IKHLAS Kodim 1801/Manokwari Distrik Manokwari Timur Kab. Manokwari Prov. Papua Barat, Minggu (11/08/2019).

Kegiatan tersebut diawali dengan Sambutan dan penyerahan hewan qurban oleh Kasdim 1801/Manokwari Mayor Kav Abdul Mufid kepada Ketua Panitia Bapak Hj. Sugiyanto yang didampingi Para Pasidim 1801/Manokwari. Adapun jumlah hewan qurban yang diserahkan adalah Sapi 7 ekor dan Kambing 3 ekor. Pemotongan hewan qurban dilaksanakan langsung oleh panitia qurban salah satunya Serka Ali Taqwin dan dilanjutkan dengan pembagian daging qurban kepada anggota Kodim 1801/Manokwari dan masyarakat disekitar lingkungan Kodim serta Panti Asuhan.

Kegiatan berqurban merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan, karena perintah berqurban bagi mampu ini menunjukkan bahwa ajaran agama Islam mengajarkan untuk respek terhadap Fakir Miskin dan Kaum Dhu’afa lainnya. Selain itu kaum Muslimin dilatih untuk mempertebal rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan terhadap masalah-masalah sosial dan mengajarkan sikap saling menyayangi terhadap sesama.

Disela sela kegiatan, Mayor Kav Abdul Mufid mengatakan, “Banyak hikmah yang bisa kita petik dari perayaan Idul Adha seperti ini, disamping untuk memupuk rasa kepedulian kita terhadap sesama umat Muslim, kita juga telah ikut membantu untuk membahagiakan saudara-saudara kita yang kurang mampu pada hari raya Qurban tersebut serta Sebagai bukti rasa syukur kita terhadap nikmat yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT kepada kita, maka diwajibkan bagi umat muslim yang merasa mampu untuk melaksanakan ibadah Qurban”.

Mungkin Anda Menyukai