Upacara Bendera 17-an di Makodam XVIII/Kasuari

Manokwari, Kamis(17-01-2019). Bertempat di lapangan Makodam XVIII/Ksr, seluruh personel Kodam XVIII/Ksr melaksanakan upacara bendera 17-an yang dipimpin langsung oleh Pangdam Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dan Komandan Upacara Letkol Czi Mulyono berlangsung khidmat dan aman.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XVIII/Ksr membacakan amanat Panglima TNI yang menyebutkan beberapa keberhasilan TNI yaitu :

– Pilkada serentak 2018 berhasil dilaksanakan dengan aman, lancar dan sukses karena netralitas TNI dan hampir 10.000 personel ditambah dengan 7.500 personel standby lengkap dengan berbagai Alutsista TNI.

– Penanggulangan bencana gempa di Lombok danĀ  Tsunami di Palu.

– Pengamanan Asian Games ke-18

di Jakarta-Palembang dan IMF World Bank Annual Meeting di Bali.

– Latihan gabungan dengan skenario 3 troubel spot yang berbeda sekaligus.

– Latihan puncak dalam bentuk Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) dengan skenario operasi militer secara serentak dilaksanakan di Morotai, Selaru dan Timika.

– Membantu dan mendukung Pemerintah dalam penanggulangan bencana kemanusiaan di Kab. Asmat, Papua dan suku Mausu Ane, Maluku. – Pencarian dan penyelamatan dengan menurunkan pasukan dan Alutsista dalam tugas SAR, termasuk Evakuasi dan pencarian pesawat Lion Air JT-610,

– Mengatasi kelompok bersenjata di Kab. Nduga, Papua yang telah membunuh secara keji puluhan masyarakat sipil yang sedang melaksanakan pembangunan jembatan dan mengakibatkan gugurnya 1 orang Prajurit TNI.

– Pada misi perdamaian dunia telah berhasil menempatkan diri pada posisi ke-7 Dunia sebagai negara kontributor pasukan perdamaian PBB.

 

Kemudian, Panglima TNI juga memerintahkan agar seluruh prajurit dan PNS TNI untuk berpegang teguh pada pedoman netralitas dan perkembangan situasi lainnya juga tetap menjadi bagian kewaspadaan kita seperti ancaman Terorisme, Separatisme, Radikalisme dan kejahatan lintas Negara harus dapat kita atasi. TNI harus bersatu dan manunggal bersama Rakyat.

 

Selesai pelaksanaan upacara bendera, seluruh kendaraan dinas dan pribadi baik roda 4 dan 2 diperiksa oleh Danpomdam XVIII/Ksr (Kolonel Cpm Priatmoko, S.H., S.I.P.) dan diawasi Pangdam XVIII/Kasuari. Diakhir pemeriksaan, Pangdam menyampaikan kepada para pengemudi agar merawat dan membersihkan kendaraannya dan pengecekan kendaraan dinas Kodam XVIII/Ksr akan dilaksanakan tiap bulan. Bila ada personel yang melanggar lalu lintas akan diproses sesuai prosedur yang berlaku dan diberikan sanksi bila bersalah.

Mungkin Anda Menyukai