Vicon Rakornis TMMD KE-105 TA 2019

Manokwari – Vicon Rapat Koordinasi Tehnis (Rakornis) TMMD ke-105 yang digelar di Makodam XVIII/Kasuari dipimpin langsung oleh Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dan dihadiri Aster Kasdam, Kapendam, para pejabat Prov. Papua Barat, pejabat Pemkab Maybrat, pejabat DPRD Kab. Maybrat dan Dandim 1803/Sorong pada Kamis, 20 Juni 2019 pukul 12.30 WIT.

Dalam amanat Menteri Sosial RI bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan unsur TNI, pemerintah dan semua elemen masyarakat. Secara umum TMMD dilaksanakan untuk membangun infrastruktur, meningkatkan wawasan kebangsaan, menjalin persatuan dan kesatuan bangsa dalam konteks menjaga keutuhan NKRI. Kegiatan ini sangat penting mengingat daerah yang menjadi objek pelaksanaan TMMD adalah daerah yang dikategorikan terpencil. Hal ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah yang tentunya menjadi objek  pelaksanaan kegiatan.

Lebih lanjut TNI bersama Pemda serta elemen masyarakat terus mendukung program pemerintah dalam percepatan dan peningkatan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan wawasan kebangsaan di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, khususnya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah – daerah dalam kerangka negara kesatuan.

Program TMMD bersifat gotong royong untuk membangkitkan peran masyarakat sebagai makhluk sosial dan yang terpenting lagi adalah membangun daerah  menjadi lebih berkembang dan maju dari sebelumnya. Dalam berbagai aspek kehidupan, program TMMD menjadi salah satu solusi sekaligus sebagai bentuk peran nyata dalam percepatan pembangunan daerah. Diharapkan, kegiatan TMMD dapat mendorong terbentuknya inovasi masyarakat dalam membangun wilayahnya guna mencapai masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

TMMD kali ini mengusung tema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” dan dibuka secara resmi oleh Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita yang didampingi Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Prakasa di aula Jenderal Besar AH Nasution lantai 3 Mabesad – Jakarta Pusat.

Mungkin Anda Menyukai